UKURAN LAPANGAN SEPAK BOLA STANDAR INTERNASIONAL | GIBOL

GIBOL

BERITA BUAT PENGGILA BOLA

UKURAN LAPANGAN SEPAK BOLA STANDAR INTERNASIONAL



UKURAN LAPANGAN SEPAK BOLA STANDAR NASIONAL banyak yg tanya berapa sih ukuran lapangan, tinggi lebar gawang,  sepak bola standar internasional. Berikut akan di jelaskan secara detail tentang ukuran lapangan dan aturan permainan sepak bola standar internasional :


Lapangan Sepak Bola



Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut, panjang 100 maksimal 110 Meter dan lebarnya 75 sampai 90 Meter. Lebar garis pembatas lapangan adalah 50 cm. dedlam lapangan terdapat satu lingakaran tengah yang berjari-jari 9,15 cm, dua buah daerah tendangan gawang seluas 40,32 x 16,5 meter dengan jarak tendangan pinalti 11 meter.

Gawang

Tinggi tiang gawang sepak bola ber ukuran 2,24 meter dan panjang mistar gawang 7,32 meter, diameter gawang 12 cm. Dibelakang gawang di pasang jala dengan ukuran lubang jala 10 cm.

Bola

Bola sepak berukuran 396 sampai 453 gram dan keliling bola 68 sampai 71 cm. Tekanan udara 0,6-1 atm.

Lama permainan

Waktu bermain dibagi dua babak 2 x 45 menit, masa istirahat 15 menit , jika selama 2 x 45 menit belum dapat di tentukan pemenangnya, dilakukan perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Peralatan Pemain

Setiap pemain harus memakai sepatu bola, memakai kostum, serta bercelana pendek kecuali penjaga gawang, dan tidak dibenarkan menggunakan barang yang sifatnya membahayakan.

Jumlah Pemain

Setiap kesebelasan terdiri dari 11 orang salah satunya adalah penjaga gawang.

Wasit

Pertandingan sepak bola dipinpin oleh seorang wasit dan dibantu oleh dua orang hakim garis.

Permulaan Permainan

Pemaian permaianan di awali dengan dari titik tengah lapangan (KICK OFF) oleh salah satu seorang pemain dari kesebelasan yang mendapat kesempatan melakukan melakukan tendangan permulaan. Tendangan permulaan harus keluar dari titik tendangan mele wati garis tengah sebelum di sentuh pemain lainnya, baru permainan dapat di mulai.

Off side

Off side terjadi apabila seseorang pemain lebih dekat kegaris gawang lawan dari pada bola.

Lemparan ke dalam (throw in)

Lemparan kedalam terjadi apabila bola keluar dari garis samping lapangan. Lemparan dilakukan dari samping dimana bola itu keluar. Lemparang dilakukan dengan dua tangan dari belakang kepada melewati atas kepala ke depan. Badan harus menghadap kearah lemparan, dan kedua kaki harus kontak dengan tanah.

Tendangan

Berdasarkan peraturan, tendangan bebas dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu tendangan bebas langsung dan tidak langsung.

1) Tendangan bebas langsung adalah tendangan yang dapat mencetak gol secara langsung.

2) Tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan yang tidak bisa mencetak gol secara langsung, sebelum oleh pemain lain.

Tendangan Pinalti

Tendangan pinalti adalah tendangan hukuman yang terjadi setelah salah satu seorang pemain melakukan pelanggaran keras didaerah hukumannya. Tendangan ini dilakukan dari titik pinalti sejauh 11 meter kegaris gawang.

Hands ball

Hands ball apabila salah satu seorang pemain memainkan bola dengan tanganya, kecuali penjaga gawang yang berada didaerah tendangan hukumannya. Kejadian seperti ini diberikan sangsi dengan hukuman tendangan bebas dari titik kejadian, dimana pemain menyentuh bola.

Tendangan sudut

Tendangan sudut terjadi apabila bola keluar dari garis tiang gawang dan bola disentuh terakhir kali oleh pemain bertahan. Tendangan ini dilakukan dari sudut lapangan lawan.

1.2 Teknik dasar

a. Teknik mengumpan bola (Passing)

1. Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam

Tujuan mengumpan dengan kaki bagian dalam ini untuk mengoper bola jarak pendek dan menyusur tanah (bola dasar).

2. Mengumpan dengan kaki bagian luar

Tujuan untuk mengoper dari posisi lurus kearah menyamping dangan putaran kearah luar.

3. Pengorperan dengan punggung kaki

Tujuan untuk mengoper bola jarak jauh saat bola melayang di permukaan lapang.

b. Menghentikan Bola

1. Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam.

2. Menghentikan bola dengan telapak kaki

3. Menghentikan Bola dengan kaki bagian luar

4. Menghentikan Bola yang melayang dengan kaki bagian dalam

5. Menghentikan bola melayang tanggung dengan perut

6. Menghentikan bola yang datang dari udara

7. Menghentikan bola dengan paha

8. Menghentikan Bola dengan dada

9. Menghentikan bola dengan kepala

Suka dengan postingan ini dan update artikel bola terbaru lewat facebook silahkan di like yach :


Ditulis oleh: GIBOL - - Rating: 5
Terima kasih sudah membaca artikel ini dengan judul UKURAN LAPANGAN SEPAK BOLA STANDAR INTERNASIONAL dengan Link URL http://www-gibol.blogspot.com/2012/06/ukuran-lapangan-sepak-bola-standar.html .Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan buat anda

Artikel Terkait: